Minggu, 25 Maret 2012

PANTAI AIR HANTU ATAU PULAU TIGA

PULAU TIGA adalah nama jenis ikan di laut yang mirip dengan Ikan Lele di Sungai. Ikan bedukang berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan Lele, namun tetap dengan kumis khasnya yang panjang. Ikan Bedukang juga paling sering dimasak “Lempah Kuning”, makanan Khas Bangka Belitung, bersama Nanas Muda.
Entah ada hubungan apa antara Ikan pulau tiga dengan Pantai pulau tiga di desa Bakam, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Yang Pasti Pantai pulau tiga atau airhantu ini berlokasi di Bangka Island Outdoor (BIO), sebuah lokasi wisata alam bebas di Kabupaten Bangka.
Selain memiliki pantai dan berbatuan yang indah pantai pulau tiga ini memiliki wisata Outbond, kawasan pantai pulau tiga juga lumayan menarik. Batu Karang Tajam di pinggir pantai menjadi pesona tersendiri yang memebedakan dengan kawasan pantai lainnya di Sungai Liat karena kebanyakan karang  pantai di Kota Sungai Liat memiliki permukaan yang halus. Pantainya juga dipenuhi dengan ilalang yang semakin menambah eksotisme kawasan wisata Pantai pulau tiga ini. Di tengah laut sekitar 50 meter dari bibir pantai terdapat 3 buah pulau karang kecil, yang masing – masing konon katanya memiliki “penunggu” dengan mitos tersendiri.

 berikut gambar-gambar ke 3 pulau di pantai pulau tiga
di pantai pulau tiga atau lebih dikenal pantai airhantu ini setiap minggunya ada acara balapan motor,setiap minggunya para anak muda selallu beramai-ramai pergi ke pantai ini karena ingin menyaksikan balapan tersebut,dan dari efek balapan ini banyak korban juga maka dari itu muncullah nama air hantu.
selain pantai yang menarik ada hal yang menarik lagi yaitu pada hari kue bacang yang biasanya di lakukan masyarakat chinnes.pada hari kue bacang Pantai ini di saat jam 9 pagi sudah mulai surut sehingga kita bisa berjalan kaki untuk pergi ke tengah-tengah laut untuk melihat sebuah pulau yang hanya bisa di seberangi dengan berjalan kaki 1 tahun sekali,yaitu pada hari kue bacang,bgaikan laut terbelah menjadi dua,dan kita berjalan di tengah-tengahnya,namun pada sore hari air sudah mulai pasang maka dari itu sebelum air pasang segera untuk pulang.,di pulau tersebut kita bisa mengambil cacing laut yang bisa di makan,karang-karang bahkan melihat burung-burung laut yang begitu banyak.

1 komentar:

  1. Kalau balapan motor memang sering dilakukan anak muda di pantai yang landai datar, di pantai pulau Bangka

    BalasHapus