Kamis, 12 April 2012

-Rusip
Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan,serta rusip ini dapat juga di gunakan juga untuk menambah citra rasa di masaan-masakan tertentu.Rusip akan lebih nikamat apabila di campuri sedikt jeruk dan cabe.


-Calok
Makanan Calok terbuat dari udang kecil yang masih segar yang disebut dengan udang cencalo/rebon. Proses pembuatannya udang dicuci bersih terlebih dulu dan dicampur dengan garam sebagai pengawet agar tahan lebih lama. Makanan Calok sangat cocok sebagai teman lauk nasi yang masih hangat dengan lalapan ketimun, tomat dan sayuran segar lainnya dan ditambah cabe+ jeruk kunci akan lebih nikmat...
-Pempek
pempek bangka dapat dimakan baik direbus maupun digoreng, ada juga pempek kulit dari Bangka, semua berbahan dasar ikan. Ciri khas lain terletak dari sambal cuka yang digunakan,
-OTAK-OTAK
otak-otak bakar yang dibungkus dengan daun pisang, layaknya kita lihat sehari-hari yang dibakar itu, berbahan dasar ikan, santan, dan bawang merah. Otak-otak bangka terkenal dengan rasa ikan nya yang begitu tajam, dan sambal kacangnya yang enak. Orang bangka biasanya kurang menyukai sambal kacang, mereka tetap menggunakan smabal cuka tauco atau terasi, atau di mix sesuai selera.
 - Tahu kok
Tahu Kok disajikan dengan sambal tauco,bakso,bujan serta tahu yang isi dalamnya semua dari ikan, dan ini sangat nikmat apabila disantap selagi hangat. Biasa orang bangka menambahkan irisan daging dan sayuran untum menambah citra rasanya....
-Getes
getas adalah sejenis kerupuk berbentuk seperti pilus bulat-bulat atau memanjang. rasanya sangat enak, dan apabila sudah makan sulit untuk direm. Getas sering dijadikan sebagai cemilan untuk menyambut tamu atau sebagai teman untuk makan mie atau baso.
 -Kempelang atau kerupuk
Kemplang bakar dari Bangka sangat digemari masyarakat terutama karena sambal terasinya itu lhoo. Selain itu ada juga kerupuk-kerupuk yang terbuat dari ikan, cumi-cumi, atau udang
 -Martabak
martabak merupakan salah satu makanan has bangka juga biasanya masyarakat bangka menikamtinya pada malam hari.aneka macam rasa martabak Bangka semakin berkembang, yang dahulunya hanya terbatas kacang,coklat, wijen, atau keju, sekarang sudah campur rasa-rasa lain seperti strawberry, nanas, durian, dan lainnya.
 -Mie bangka
Mie bangka pada umumnya tidak berbeda jauh dengan mie-mie lainnya. Namun setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing.Mie Bangka identik dengan daging cincang dan aroma bawang putih yang begitu khas, serta jarang menggunakan kuah tetapi ada juga yang menggunakan kuah, tanpa kuah di sebut (jamian), biasanya mie bangka berwarna cokelat karena menggunakan kecap.Ada juga menggunakan kuah atau di sebut (suimian),ciri khas mie bnagka juga karena menggunakan tawco juga,serta adanya bakso ikan,fukian dan pangsit.
-Abon ikan atau sembelingkung
Banyak digunakan sebagai ganti lauk dan ada juga digunakan sebagai pengganti selai pada roti.sembelinkung terbuat dari ikan yang di rebus dulu ikannya,lalu di ambil isi bersihnya dan di goreng sampai kering hingga berwarna coklat


 -Lempah kulat
Lempah Kulat adalah masakan yang terbuat dari kulat/jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.lempah kulat ini pun bisa di masak dengan mencampurkan ayam beserta bumbu penyedap rasa lainnya.
-Lokan
Sejenis kerang laut yang biasanya dimasak dengan kuah dicampur serai.Lokan ini bisa di dapat pada saat musiman saja misalnya pada saat merayakan kue bacang,..lokan bisa di dapat di pinggir laut...dimana air laut surut...cara menggambil lokan cukup dengan kayu lalau di tancap-tancapkan supaya lokannya keluar...atau bisa saja apabila bagi orang yang sudah ahli tinggal mencari matanya saja langsung di galih.

-Lempok
lempok merupakan makanan khas Bangka yang  memakai teknik pengawetan atas banyaknya hasil cempedak saat panen. Karena apabila cempedak yang banyak jika tidak diawetkan akan membusuk dan terbuang percuma. Melalui proses pengawetan tersebut lahirlah Lempok Cempedak yang populer di Bangka Belitung (Babel) hingga kini.

Lempok Cempedak ini adalah Oleh-oleh khas Bangka Belitung (Babel) yang tergantung musim. Musim cempedak umumnya mulai dari kwartal 4. Lempuk Cempedak yang memiliki kualitas tertinggi, rasanya manis menyengat, harum cempedak, kulit luar lempok lunak kering agak keputih-putihan, bagian dalamnya lembut berwarna kuning.  Enak dan gurih.Lempok sangatlah sesuai menjadi teman anda minum kopi atau teh.

-Kue jongkong
Kue Jongkong ini memiliki serat halus dan lembut seperti puding. Kue ini terdiri atas tiga lapisan warna, yakni lapisan atas berwarna putih, lapisan tengah berwarna hijau pandan, lapisan berikutnya gula kabung atau gula aren yang kecoklatan. Biasanya, kue ini dicetak di dalam gelas atau mangkuk kecil
 - Kue jelinak
kue jelinak ini memiliki rasa pedas dan melekat di mulut serta warna yang hitam...kue jelinak biasanya ada pada saat ada acara ulang tahun dan hari sincia.

-Kue yet-yet
kue yet-yet ini terbuat dari sagu tani,tepung terigu,kapur sirih,gula merah,gula pasir,garam,daun pandan,dan ampas kelapa.

4 komentar:

  1. makanya kunjungi bangka atau gak beli aja di jakarta juga banyak yang jual

    BalasHapus
  2. makanan ini banyak terdapat di jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jkt banyak ya? sekitar mana kalo boleh tau?

      Hapus