Rabu, 11 April 2012


Nahhh....selain banyak tempat-tempat berwisata yang harus teman-teman kunjungi baik pantai...tempat ziarah di pulau bangka....Saya ingin berbagi informasi tentang makanan khas Bangka...


-Saucu 
yaitu babi panggang dimana makanan khas para orang tionghua.dan ini di banga sangat terkenal sekali...apalagi pada saat hari libur banyak sekali orang-orang yang pulang ke bangka membawa oleh-oleh saucu atau babi panggang ini...
Rasa saucu atau babi panggang ini nikamat sekali...ada krenyes-krenyesnya karena proses pembuatannya dengan di panggang terlebih dahu menggunakan kayu dan di ambil baranya....hingga benar-benar matang...dan untuk membuat semakin nikmat saucu ini di maan dengan sambalnya yaitu terbuat dari tauco yang di bumbui: jeruk,gula,garam.



-Lempah darat
Lempah darat, adalah makanan yang terbuat dari bermacam-macam sayur, yang sangat khas adalah pucuk idat yang khasiatnya banyak banget, diantaranya mampu mengurangi rasa pahit pada daun pepaya, menghilangkan rasa gatal pada daun, pelepah dan alar ( akar gergih yang menjalar di permukaan ) keladi. Selain itu masyarakat bangka juga sering menggunakan jenis sayuran lainnya seperti kacang panjang, kecipir, terong kancing ditambah bumbu-bumbu penyedap: cabe,garam,sasa,gula,dan terasi. Menurut tradisi orang bangka, lempah darat merupakan menu utama yang biasa di santap dengan lauk ikan asin dan nasi putih hangat.

_Lempah kuning

masakan yang paling banyak di-claim sebagai masakan paling khas dan paling populer di Bangka. Di warung, di rumah makan, bahkan sebagai sajian sehari-hari.
Sebagai masyarakat kepulauan yang dikeliling laut dengan kekayaan sumber protein laut yang melimpah, ikan memang merupakan elemen paling penting dalam kehidupan kuliner masyarakat Bangka apalagi Kehadiran nanas di dalam lempah kuning memberikan aroma yang harum dan juga sedikit rasa asam.
. Dalam perhelatan pun ikan selalu hadir sebagai sajian penting dan utama.

Sajian ini terasa ringan dan segar karena kuahnya encer. Harumnya blacan (trasi) khas Bangka - khususnya dari daerah Toboali - membuat sajian ini semakin istimewa. Bumbu-bumbunya cukup sederhana - hanya cabai, bawang merah dan putih, lengkuas, dan kunyit - dan lempah kuning dapat disiapkan secara cepat dan praktis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar