Sabtu, 07 April 2012

GUNUNG MENUMBING
Tempat pengasingan bungkarno....
Gunung Menumbing (445 m) atau lebih tepat di sebuah bukit, bergerak 12 km dari Kota Muntok dan dapat ditempuh selama 30 menit dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Di puncak bukit ini berdiri komplek villa atau pasanggrahan yang di buat oleh Belanda untuk peristirahatan pegawai perusahaan Timah bank Tnwinning bedriff pada tahun 1927 silam.

Pasanggrahan Menumbing dijadikan pula tempat pengasingan para pemimpin RI. Menurut keterangan orang-orang pelaku sejarah Muntok, yang paling banyak menghabiskan waktunnya disini selama pengasingan adalah Bung Hatta. Dan gedung ini dimana para pemimpin RI ini menginap dikelilingi kerangkeng besi di jaga ketat oleh penjajah Belanda waktu itu, terutama kamar Bung Karno dan Bung Hatta.

Hingga ini pasanggarahan ini masih berfungsi sebagai hotel wisata. Bangunan berarsitektur megah ini masih megah berdiri kokoh sebagai simbol perjuangan dan budaya. Ruang kamar bekas para peimpin itu masih dapat dilihat dan dipelihara dan dijadikan tempat penyimpanan barang-barang peninggalan Beliau yang masih bisa diselamatkan. Benda-benda bersejarah yang masih dilihat seperti : Mobil BN. 10 yang sering dipergunakan oleh Bung Karno dan Meja tulis dari Batu Pualam serta catatan sejarah lainnya. 


Di dalam hotel tempat penginapan dan persembunyian bung karno ketika kita mengunjungi dan masuk ke dalam ada rasa aneh,rasa taut,tetapi menbjukan,bahwa di dalamnya masih ada meja bundar dan kenangan lainya seperti mobil,buku-buku penting,bahkan yang lebih menbjukan ketik kita meaiki ke lantai paling atas,disitu terdapat ruang terbuka,walaupun cuaca pana teta[i kita yang berada di atas tida merasakan apans bahkan merasa adem....(hal itu yang menabjukan)
Ruangan yang tidak boleh untuk di masuki yaitu kamar tidur dan wc...karena ketika kita masuk di dalamya kita tidak boleh menyentuh apapun,konon katanya ada yang melihat bahwa di dalam ruangan tersebut ada mistinya....
foto-foto kenangan di gunung menumbing persembunyian bung karno


Tidak ada komentar:

Posting Komentar